Select Menu

Slider

Budaya

Jurnal

Cute

My Place

Berikutnya

Budaya

Seni

» » Siapakah Nama Arung Palakka yang Sebenarnya ?
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Nama Arung Palakka cukup banyak, sehingga bila ingin disebut semuanya bisa menjadi barisan kalimat nama yang panjang. Kata Arung Palakka hanyalah sebuah gelar, untuk mengetahui siapakah nama sesungguhnya sang pembebas itu ?
Berikut daftar nama-namanya :

Arung Palakka adalah tokoh sentral yang mengubah jalannya percaturan kekuasaan di kawasan Sulawesi Selatan pada Abad XVII. Dalam banyak buku tentang ketokohan dan perjuangannya, seringkali membuat pembaca, khususnya peminat Sejarah Sulawesi Selatan yang bukan orang Bugis Makassar menjadi bingung karena banyaknya nama yang dilekatkan pada diri Arung Palakka. Berikut ini penjelasan satu persatu mengenai nama - namanya.

1.La Tenri Tatta Toappatunru, adalah nama kecil dan nama remaja Arung Palakka. Kata depan “La” pada depan namanya tersebut menunjukkan bahwa yang bersangkutan adalah Bangsawan (Laki - laki). Kata “Tenri” itu artinya Tidak, sedang Tatta bermakna kemauan. ” Toappatunru” artinya adalah yang menundukkan. (To = orang, Appatunru = yang menundukkan). Jadi, “La Tenri Tatta Toappatunru” itu artinya Laki - laki (bangsawan) yang tidak dapat dibatasi kemauannya dan orang yang menundukkan.

2.Daeng Serang adalah nama Arung Palakka saat berada di Makassar (Saat Bone telah dijajah oleh Gowa, Arung Palakka dan keluarganya dipekerjakan di rumah bangsawan tinggi Gowa sedang Orang Bugis Bone - Soppeng lainnya menderita kerja paksa membangun benteng - benteng Makassar. Arung Palakka pun juga merasakan kerja paksa bersama rakyatnya tersebut).

3.Datu Marioriwawo, artinya Raja di Marioriwawo. Marioriwawo adalah kerajaan yang ada di Soppeng. Kerajaan ini adalah warisan dari ibunya, We Tenrisui Datu Mario Riwawo.

4.Arung Palakka, artinya Raja di Palakka. Palakka adalah salah satu kerajaan yang ada dalam wilayah Bone. Kerajaan Palakka adalah warisan dari kakeknya, La Tenri Ruwa Arung Palakka MatinroE ri Bantaeng (Raja Bone XI). Menurut tradisi Kerajaan Bone bahwa, “Yang berhak menjadi Raja di Palakka, berhak pula menjadi Raja di Bone (Arung Mangkaue’ ri Bone), namun tidak semua Raja Bone pernah menjadi Raja di Palakka”. (Kasim, 2002).

5.Petta Malampeq Gemmekna, artinya Raja yang berambut panjang. Nama ini terkait dengan sumpahnya bahwa Arung Palakka tidak akan memotong rambutnya jika belum berhasil membebaskan rakyatnya dari penjajahan Gowa. (Petta itu sebutan untuk bangsawan tinggi Bugis, Malampeq = panjang, Gemmekna = panjang rambutnya). Rambut Arung Palakka tersebut terus menyertai masa perjuangannya (1660 - 1667) dan nantilah dipotong setelah perjuangannya dianggapnya telah berhasil.

6.Arung Ugi, artinya Raja Bugis (Kompeni Belanda menyebutnya Koningh der Bougis). Gelar ini melekat pada Arung Palakka setelah membebaskan negerinya dari cenkeraman kekuasaan Gowa dan menjadi Penguasa atasan (Raja tertinggi) semua negeri / kerajan Bugis. (Ugi artinya Bugis).

7.Petta Torisompae’, artinya Raja yang disembah. Gelar ini melekat pada Arung Palakka sebagai sebuah sebutan dari rakyatnya karena begitu diagungkannya sosoknya sebagai ‘Pahlawan’ dan Raja yang berjasa menaklukkan Kerajaan Makassar.

8.Sultan Saaduddin, adalah nama atau gelar Islam untuk Arung Palakka

9.Matinroe ri Bontoala , artinya yang meninggal di Bontoala, istananya di Makassar.

Sebenarnya masih ada lagi beberapa nama yang melekat pada diri Arung Palakka, Raja Bone XV ini, seperti Datu Pattiro, Datu Lamuru, dan lain sebagainya tapi tidaklah terlalu populer dan yang umum disebut adalah nama - nama diatas.

About Teluk Bone

Generasi kini telah mulai kehilangan jatidiri. Budaya lokal tergerus.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

14 komentar

  1. Wah....kangen nih sama Bone...Saya dan kawan2 dari Aceh..sempat ke Patung Arung Palakka...keren ya....

    http://www.zamzamizainuddin.com/2012/10/berwisata-ke-tanah-rencong-aceh.html

    BalasHapus
  2. Bangga saya jadi orang Bone walaupun saya lahir di makassar dan besar di pinrang, saya tetap bangga dengan tanah kelahiran ortu saya di Bone...

    BalasHapus
  3. maaf sy cuma mau nanya'. saya pernah membaca sejarah Kerajaan Tellupoccoe (BOSOWA), pada jaman kerajaan Sulawesi, Bone dan Soppeng pernah diperbudak oleh Kerajaan Gowa dengan dikerja paksakan menggali parit di sekitar Benteng Somba Opu, akan tetapi Kerajaan Wajo Justru ikut menyiksa suudara-saudara bugisnya (Tellupoccoe) dengan bersekutu dengan kerajaan Gowa pada jaman itu, terus dikatakan juga pada saat Arung Palakka bersama rakyat Bone dan Soppeng melakukan peperangan melawan Kerajaan Gowa di Lamuru justru Wajo menyerang BonSop dari belakang bahkan membumihanguskan Lompulle dan nyaris Sampai Ganra (Soppeng). diakhir tulisan tersebut dikatakan Wajo telah menghianati perjanjian Tellupoccoe di Timurung bersama dengan saudaranya Bone dan Soppeng, akhirnya BonSop membentuk perjanjia baru lg yg dinamakan Perjanjian Pincara Lopie. sy juga bingung kenapa bisa gitu ??? Mohon Bung penjelasannya agar kami dari putra Soppeng tidak terjebak dalam kekeliruan sejarah. dan tetap akan mengenang sejarah persatuan BOSOWA di masa silam.

    BalasHapus
  4. Perjuangan Arung Palakka juga tidak dapat dipisahkan dengan rakyat Soppeng karna dalam sejarah, Soppeng tidak pernah berkhianat kepada Bone bahkan kedua kerajaan ini diikat 2 perjanjian yaitu perjanjian Tellupoccoe dan Pincara' Lopie, Apa lagi Arung Palakka memang adalah merupakan keturunan bangsawan Soppeng.

    Sebagai wujud penghormatan kepada Arung Palakka sebagai sosok yang telah membebaskan rakyat Soppeng dari kekejaman Kerajaan Gowa, Pemerintah dan Masyarakat Soppeng membuat Patung Arung Palakka di daerah Marioriwawo tepatnya di Tettikeng Darae (yaitu tempat dimana Arung Palakka dilahirkan).

    BalasHapus
  5. anak ugieee padecengiii kedomu

    BalasHapus
  6. Saya Sydah Sering Mendengar Nama Arung Palakka dari Kecil Yang Diceritakan Oleh Orang Tua Saya, Yang saya Belum Pernah dengar Tentang kerajaan Gowa yang Memperlakukan rakyat Bone Dengan Sewenang2, Mengapa Kerajaan Gowa Sangat kejam Dengan Saudaranya Sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karaeng puang.adhe.bugis makassar asli10 Juni 2013 21.33

      Krn mungkin bugis bone dlu ingin menguasai perdagangan...di pulau sulawesi...!!

      Hapus
  7. JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL BILAH BERMINAT HUB KI ANGEN JALLO DI NMR (_0_8_5_2_8_3_7_9_0_4_4_4_) JIKA INGIN MENGUBAH NASIB THA,SK ROO,MX SOBAT

    BalasHapus
  8. Jayalah slalu Bone ku.... Arung Palakka potret seorang pembebas.... Z bangga dlhirkn dBone dan sbgai org Bone....

    BalasHapus
  9. Saudara,
    Sory mau nanya, sebenarnya makam arung palakkatempatnya dimana???

    Karena ada makam arung palakka tmpatnya di GOWA!!!!
    Sedangkan beliau lahir di bone

    BalasHapus
  10. Saudara,
    Sory mau nanya, sebenarnya makam arung palakkatempatnya dimana???

    Karena ada makam arung palakka tmpatnya di GOWA!!!!
    Sedangkan beliau lahir di bone

    BalasHapus
  11. Tak salah aku mengagungkan Arung Palakka... Mencintai & mencontoh Arung Palakka tidak harus menunjukkannya dengan otot tapi dengan kreasi, kreatifitas, & Pangadereng.... Jayako Bone...

    BalasHapus
  12. kta semua saudara, asal usulx kta sama, jgn ada pertentangan di antara kta semua, cuma yg harus kta pikirkan skrng bgmn carax kta bersatu....natapada salama maneng akhirat enrengnge lino.... amin emmink suppa.

    BalasHapus